Jumat, 05 Juni 2009

PENYEBAB ANAK NAKAL

Pada saat anak kita nakal atau tidak seperti teman-temannya yang penurut dan pendiam. Kita selaku orang tua langsung menjastifikasi, kenakalan yang ditimbulkan oleh anak karena karakternya atau anak kita yang salah. Pada hal yang menyebabkan anak nakal adalah orang tua itu sendiri tanpa disadarinya.

Coba kita lihat sepuluh hal yang bisa menyebabkan anak nakal. Jika hal ini kita lakukan ke anak maka kitalah pencipta kenakalannya:

1.  Sejak bayi, berikan kepada anak segala yang ia inginkan. Dengan demikian, ia akan percaya bahwa dunia berhutang budi kepadanya.

2.  Pada waktu ia mengucapkan kata-kata yang tidak patut, tertawakan ia, agar merasa bahwa ia lucu.

3.  Jangan pernah member pelajaran ruhani kepada anak. Tunggulah sampai ia berusia 21 tahun baru kemudian ia akan memilih untuk dirinya sendiri.

4.  Jangan pernah mengatakan “salah” kepadanya. Kata itu akan mengembangkan rasa bersalah yang kompleks. Hal itu menjadikan ia di kemudian hari apabila ditangkap karena mencuri mobil akan merasa bahwa penangkapannya itu merupakan penganiayaan.

5.  Biarkan saja dia berbohong. Lakukan segalanya bagi anak, agar ia berpengalaman melemparkan tanggung jawab kepada orang lain.

6.  Biarkan ia membaca apa saja yang dapat ia peroleh sendiri. Biarkan pikirannya berpesta pora di keranjang sampah.

7.  Sering-seringlah bertengkar dihadapan anak Anda. Dengan demikian mereka tidak akan terkejut apabila dikemudian hari keluarganya berantakan.

8.  Berilah uang yang mereka butuhkan. Jangan pernah membiarkan anak menabung untuk dirinya sendiri.

9.  Puaskanlah segala keinginannya, makanan, minuman, kesenangan. Dan lihat apakah segala keinginannya telah terpenuhi ?

10. Pada waktu ia sungguh-sungguh dalam kesulitan, maafkanlah diri Anda sendiri dengan mengatakan, “Aku tak dapat berbuat apa-apa lagi.”

 Itulah beberapa penyebab anak nakal. Jika masih ada orang tua yang melakukannya, bisa dikatakan ia telah menanam benih kenakalan dalam diri anaknya lalu jangan salahkan anak jika sulit diatur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar